Minggu, 04 Maret 2018

Inilah Gejala Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada wanita. Setiap wanita bisa memiliki penyakit ini, terutama pada wanita yang masih mengalami menstruasi setiap bulannya.

Biasanya kista ovarium bisa hilang dengan sendirinya tanpa Anda tahu bahwa Anda memiliki kista ovarium. Namun, kista ovarium yang sudah besar dapat menunjukkan beberapa gejala. Inilah yang perlu Anda waspadai. Apa saja gejala kista ovarium?

Apa itu kista ovarium?
Setiap wanita memiliki dua ovarium yang setiap bulannya akan melepaskan sel telur secara bergantian. Terkadang kista (kantung kecil berisi cairan) bisa berkembang di salah satu ovarium. Mungkin Anda pernah mengalaminya tanpa Anda ketahui. Banyak wanita memiliki kista setidaknya satu kali selama hidupnya. Namun, umumnya ini tidak menyakitkan dan tidak berbahaya. Bahkan, kista ovarium ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah ketika kista ini tidak hilang, malah makin membesar, dan pecah. Kista jenis inilah yang biasanya dapat menimbulkan gejala kista ovarium dan membuat Anda tidak nyaman. Ada dua jenis kista ovarium yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Kista ovarium fungsional. Kista yang berkembang karena bagian dari siklus menstruasi. Jenis kista ini tidak berbahaya dan mudah untuk hilang dengan sendirinya. Ini merupakan jenis kista yang paling umum. Kista ovarium patologis. Kista ini berkembang karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Biasanya kista ini menimbulkan gejala dan perlu perawatan khusus untuk menanganinya. Kista jenis ini bisa jinak atau ganas (kanker).

Apa saja gejala kista ovarium?
Pada umumnya kista ovarium yang kecil tidak menyebabkan gejala apapun dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, kista ovarium yang besar, pecah, tak kunjung hilang dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman dan menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Nyeri perut bagian bawah (nyeri panggul), yang bisa datang dan pergi, serta bisa menyebar ke daerah punggung bawah dan paha
  • Nyeri panggul sebelum dan sesudah menstruasi
  • Menstruasi tidak teratur, bahkan bisa menyakitkan, lebih berat, atau lebih ringan dari biasanya
  • Sakit dan merasa tidak nyaman di bagian bawah perut saat berhubungan seksual (dispareunia)
  • Perut terasa tertekan
  • Merasa kembung atau bengkak pada perut
  • Kesulitan buang air besar atau sakit saat buang air besar
  • Lebih sering buang air kecil karena tekanan pada kandung kemih atau Anda mengalami kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih
  • Merasa sangat kenyang setelah makan hanya sedikit
  • Mual, muntah, atau nyeri pada payudara, seperti yang dirasakan saat hamil

Kapan harus ke dokter?
Jika Anda mengalami gejala kista ovarium seperti di atas, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

Namun, terkadang kista ovarium juga membutuhkan perhatian darurat, artinya Anda harus segera ke dokter pada saat ini. Pergilah segera ke dokter jika Anda mengalami gejala berikut ini:

  1. Sakit perut yang parah secara tiba-tiba
  2. Nyeri disertai demam dan muntah
  3. Pusing, merasa lemas dan ingin pingsan
  4. Napas lebih cepat
  5. Gejala tersebut mungkin menunjukkan bahwa kista di ovarium Anda telah menyebabkan perubahan pada ovarium. Sehingga, harus segera mendapat penanganan dokter.
(Sumber : hellosehat.com)

Perkaya pengetahuan mengenai bagaimana anda bisa sukses melakukan program hamil sehingga anda mendapat kabar gembira karena bisa sukses punya keturunan sebagaimana yang sangat anda idam-idamkan selama ini.

Pesan herbal HPAI WA : 08 777 920 555 4
Agen HPAI : Sunaryo Saripudin 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel berikut ini mungkin bisa membantu Anda lebih mudah dalam porses pelaksanaan program hamil anda karena makin banyak pengetahuan makin paham.
  1. Awasi, inilah 9 Hal yang Membuat Perempuan Susah Hamil
  2. Telusuri ini! Apa Saja Penyebab Hamil dari Si Pria dan dari Si Wanita?
  3. 10 Faktor Pemicu Penyebab Tertundanya Kehamilan Anda
  4. Waspadai, Keputihan Berikut Ini Bisa Hambat Kehamilan
  5. Kista Seperti Apa Yang Hambat Kehamilan
  6. Kenali 10 Pembunuh Sperma Penghambat Kehamilan
  7. Benarkah Obesitas Mengurangi Kesuburan Wanita?
  8. Perhatikanlah ! 7 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kesuburan
  9. 10 Prinsip Diet Kesuburan Biar Cepat Hamil 
  10. Apa Saja 6 Penyakit Penghambat Kehamilan Anda?
  11. Punya Kista Ovarium, Apakah Rahim Perlu Diangkat?
  12. Inilah Gejala Kista Ovarium
  13. Apakah Bisa Hamil Kalau Punya Kista Ovarium?
  14. Apakah Diabetes Bisa Hamil? Baca 4 Tips Ini!