Minggu, 04 Maret 2018

Apakah Bisa Hamil Kalau Punya Kista Ovarium?

Adanya kista dalam ovarium (indung telur) wanita dapat menjadi salah satu alasan yang membuat wanita sulit hamil.

Bahkan, ada yang bilang bahwa kista sebelum hamil dapat membuat Anda tidak subur. Apakah ini benar? Benarkah kista membuat sulit hamil?

Apakah kista ovarium berbahaya?
Kista ovarium sebenarnya tidak berbahaya bila segera ditangani. Bahkan kista ovarium bisa hilang dengan sendirinya tanpa Anda ketahui. Namun, kista ovarium bisa menjadi berbahaya jika bertambah besar, tidak hilang, dan pecah. Hal ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan menyebabkan munculnya beberapa gejala.

Sayangnya, kista ovarium umumnya tidak menunjukkan gejala apapun saat ukurannya masih kecil, sehingga Anda pun tidak merasa curiga dan harus memeriksakan diri Anda ke dokter. Akibatnya, saat Anda periksa ke dokter dan mengetahui bahwa diri Anda mempunyai kista, kista sudah dalam keadaan yang besar dan bisa menimbulkan hal buruk.

Apakah benar kista membuat sulit hamil?
Wanita yang mempunyai kista pada umumnya takut tidak bisa hamil. Banyak yang mengatakan bahwa kista dapat membuat lebih sulit untuk hamil atau membuat Anda menjadi tidak subur. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Beberapa jenis kista tidak dapat memengaruhi kesuburan Anda dan Anda masih bisa hamil. Namun, memang ada jenis kista tertentu yang membuat Anda sulit hamil. Jadi, apakah kista membuat sulit hamil atau tidak, ini tergantung dari jenis kista yang Anda alami.

Kista yang tidak memengaruhi kesuburan
Beberapa jenis kista yang tidak memengaruhi kesuburan, sehingga tidak membuat Anda sulit hamil adalah:

Kista fungsional. Kista fungsional merupakan jenis kista yang paling umum, seperti kista (kantung kecil berisi cairan) yang tumbuh pada folikel atau pada korpus luteum. Jenis kista ini biasanya berkembang selama siklus menstruasi normal. Ini tidak berbahaya dan tidak memengaruhi kesuburan Anda. Bahkan, adanya kista fungsional dapat menunjukkan bahwa Anda sedang subur. Umumnya, kista fungsional ini dapat hilang dengan sendirinya dan tidak perlu perawatan khusus.

Kistadenoma. Kistadenoma adalah jenis kista yang tumbuh pada ovarium (indung telur). Kista ini timbul dari permukaan ovarium Anda. Jenis kista ini dapat berkembang cukup besar dan butuh perawatan khusus untuk menghilangkannya. Tapi, umumnya kistadenoma tidak memengaruhi kesuburan Anda.

Kista dermoid. Kista ini berbeda dengan jenis kista lainnya. Bedanya apa? Kista dermoid berisi jaringan, seperti kulit dan rambut, bukan berisi cairan. Kista jenis ini juga tidak memengaruhi kesuburan Anda.

Walaupun ketiga jenis kista ini tidak memengaruhi kesuburan Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda mengenai perawatan apa yang harus Anda lakukan untuk menambah peluang Anda untuk hamil. Kista yang dibiarkan saja dan mempunyai ukuran sangat besar dapat menyakitkan Anda dan mungkin juga dapat membuat Anda lebih sulit hamil.

Kista yang bisa membuat Anda sulit hamil
Beberapa jenis kista ovarium yang dapat memengaruhi kesuburan Anda dan membuat Anda lebih sulit hamil adalah:

Endometrioma. Endometrioma merupakan kista yang disebabkan oleh endometriosis. Endometriosis merupakan sebuah kondisi di mana jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Kista ovarium jenis ini mungkin dapat memengaruhi kesuburan Anda.

Kista ovarium akibat sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sindrom ovarium polikistik merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan banyaknya kista kecil yang timbul pada ovarium. Selain itu, tanda lain dari sindrom ovarium polikistik adalah periode menstruasi tidak teratur dan meningkatnya kadar hormon tertentu. Karena berhubungan dengan menstruasi yang tidak teratur, maka sindrom ovarium polikistik dapat menyebabkan masalah kesuburan pada beberapa wanita, sehingga membuatnya lebih sulit hamil.(Sumber : hellosehat.com)

Perkaya pengetahuan mengenai bagaimana anda bisa sukses melakukan program hamil sehingga anda mendapat kabar gembira karena bisa sukses punya keturunan sebagaimana yang sangat anda idam-idamkan selama ini.

Pesan herbal HPAI WA : 08 777 920 555 4
Agen HPAI : Sunaryo Saripudin 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel berikut ini mungkin bisa membantu Anda lebih mudah dalam porses pelaksanaan program hamil anda karena makin banyak pengetahuan makin paham.
  1. Awasi, inilah 9 Hal yang Membuat Perempuan Susah Hamil
  2. Telusuri ini! Apa Saja Penyebab Hamil dari Si Pria dan dari Si Wanita?
  3. 10 Faktor Pemicu Penyebab Tertundanya Kehamilan Anda
  4. Waspadai, Keputihan Berikut Ini Bisa Hambat Kehamilan
  5. Kista Seperti Apa Yang Hambat Kehamilan
  6. Kenali 10 Pembunuh Sperma Penghambat Kehamilan
  7. Benarkah Obesitas Mengurangi Kesuburan Wanita?
  8. Perhatikanlah ! 7 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kesuburan
  9. 10 Prinsip Diet Kesuburan Biar Cepat Hamil 
  10. Apa Saja 6 Penyakit Penghambat Kehamilan Anda?
  11. Punya Kista Ovarium, Apakah Rahim Perlu Diangkat?
  12. Inilah Gejala Kista Ovarium
  13. Apakah Bisa Hamil Kalau Punya Kista Ovarium?
  14. Apakah Diabetes Bisa Hamil? Baca 4 Tips Ini!